ENDLESS INNOVATION JOURNAL (ENTREPRENEURSHIP, DIGITAL BUSINESS, & INNOVATION JOURNAL) https://endlessinnovation-feb.unpak.ac.id/index.php/endless <p>Endless Innovation Journal (Entrepreneurship, Digital Business, &amp; Innovation Journal) is a peer-reviewed based academic journal that focused on the scope about enterpreneurship, digital business, and innovation. Endless Innovation Journal manage by Economics and Business Faculty, Pakuan University. The aim of this journal is to publish the research publication from lecturer, student, nor other institution with related scope to digital business that hopefully could contribute to developed the theories about digital business. </p> en-US redaksiendless@unpak.ac.id (Redaksi Endless Innovation Journal) redaksiendless@unpak.ac.id (Reza Ariftiarno, S.Ak., M.Kom., CAAT) Wed, 26 Mar 2025 01:37:02 +0000 OJS 3.3.0.2 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 DIGITAL TRANSFORMATION USING WEBSITES TO IMPROVE ACCESSIBILITY AND EFFECTIVENESS IN SMALL MEDIUM ENTERPRISE https://endlessinnovation-feb.unpak.ac.id/index.php/endless/article/view/58 <p><strong>ABSTRACT</strong><br />This study aims to analyze the role of the web in helping MSMEs reach a wider market, improve operational efficiency, and strengthen brand image. This study is a qualitative study. The sample of this study was 112 micro, small and medium enterprises in Lengkong Kecil. Data were collected through a survey by distributing questionnaires. Data analysis used descriptive statistical analysis. The results of this report contain the development and implementation of the web that has been created for MSMEs to increase business visibility, facilitate transactions, and provide a better customer experience. In addition, challenges such as lack of digital literacy and limited resources are obstacles that need to be overcome with the right strategy. With optimal use of the web, MSMEs can be more adaptive to technological changes and increase competitiveness in the digital era.</p> <p><strong><em>ABSTRAK</em></strong><br /><em>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran web dalam membantu UMKM menjangkau pasar yang lebih luas, meningkatkan efisiensi operasional, dan memperkuat citra merek. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sampel penelitian ini adalah pelaku usaha mikro kecil menengah di Lengkong Kecil sejumlah 112 usaha. Data dikumpulkan melalui survei dengan menyebarkan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis ststistik deskriptif. Hasil dari laporan ini berisi tentang pengembangan dan implementasi web yang telah dibuat untuk UMKM untuk meningkatkan visibilitas bisnis, memudahkan transaksi, dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Selain itu, tantangan seperti kurangnya literasi digital dan keterbatasan sumber daya menjadi kendala yang perlu diatasi dengan strategi yang tepat. Dengan pemanfaatan web yang optimal, UMKM dapat lebih adaptif terhadap perubahan teknologi dan meningkatkan daya saing di era digital.</em></p> Indyra Yulianti, Muhammad Ridho, Nava Gia Ginasta Copyright (c) 2025 ENDLESS INNOVATION JOURNAL (ENTREPRENEURSHIP, DIGITAL BUSINESS, & INNOVATION JOURNAL) https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://endlessinnovation-feb.unpak.ac.id/index.php/endless/article/view/58 Wed, 26 Mar 2025 00:00:00 +0000 ANALISIS EFEKTIVITAS CONTENT MARKETING TIKTOK DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN https://endlessinnovation-feb.unpak.ac.id/index.php/endless/article/view/52 <p><strong>ABSTRAK</strong><br />Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah content marketing pada aplikasi TikTok berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Pemilihan responden dilakukan dengan metode accidental sampling, sampel diambil berdasarkan kecocokan. Pengumpulan data menggunakan penyebaran kuisioner terhadap 100 responden berdasarkan rumus Lemeshow. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Variabel yang diteliti yaitu content marketing sebagai variabel independen dan keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Content marketing pada aplikasi TikTok berpengaruh terhadap keputusan pembelian.</p> <p><em><strong>ABSTRACT</strong></em><br /><em>This study aims to analyze whether content marketing on the TikTok application affects purchasing decisions. This research is a type of associative descriptive research with a quantitative approach. The selection of respondents was carried out by accidental sampling method, samples were taken based on suitability. Data collection used the distribution of questionnaires to 100 respondents based on the Lemeshow formula. The analysis methods used are descriptive statistical analysis and simple linear regression analysis. The variables studied were content marketing as an independent variable and purchase decisions as dependent variables. The results of this study show that content marketing on the TikTok application has an effect on purchase decisions</em></p> Eka Patra, Hasrul, Mita Amalia Copyright (c) 2025 ENDLESS INNOVATION JOURNAL (ENTREPRENEURSHIP, DIGITAL BUSINESS, & INNOVATION JOURNAL) https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://endlessinnovation-feb.unpak.ac.id/index.php/endless/article/view/52 Wed, 26 Mar 2025 00:00:00 +0000 STUDI FAKTOR TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DALAM KEPUTUSAN PENGGUNAAN APLIKASI TRANSPORTASI ONLINE MAXIM https://endlessinnovation-feb.unpak.ac.id/index.php/endless/article/view/55 <p><strong>ABSTRAK</strong><br />Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh antara Perceived Ease of Use dan Perceived of Usefulness terhadap keputusan konsumen dalam memilih aplikasi transportasi online Maxim. Selain itu untuk mengetahui keputusan masyarakat Kota Bogor dalam pengambilan keputusan penggunaan jasa transportasi online Maxim. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan metode asosiatif. Teknik penelitian yang digunakan bersifat kuantitatif dan kualitatif. Pemilihan responden dilakukan dengan metode purposive sampling dengan total 100 responden berdasarkan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui survei dan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis dekriptif dengan melakukan uji regresi linear berganda. Variabel independen yang diteliti yaitu Perceived Ease of Use dan Perceived of Usefulness, sedangkan Keputusan Penggunaan sebagai variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perceived Ease of Use dan Perceived of Usefulness berpengaruh positif secara bersamaan terhadap Keputusan Penggunaan dalam memilih Maxim sebagai jasa transportasi online.</p> <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong><br /><em>The purpose of this study is to examine the influence between Perceived Ease of Use and Perceived of Usefulness on consumer decisions in choosing Maxim online transportation applications. In addition, to find out the decision of the people of Bogor City in making decisions to use Maxim online transportation services. The type of research used is descriptive research with associative methods. The research techniques used are quantitative and qualitative. The selection of respondents was carried out by the purposive sampling method with a total of 100 respondents based on the Slovin formula. Data collection was carried out through surveys and questionnaires. The data analysis used was descriptive analysis by conducting multiple linear regression tests. The independent variables studied were Perceived Ease of Use and Perceived of Usefulness, while Decision of Use was a dependent variable. The results show that Perceived Ease of Use and Perceived of Usefulness have a positive effect simultaneously on the Decision to Use Maxim as an online transportation service.</em></p> Mutiara Agustin, Sri Hartini, Aditya Prima Yudha Copyright (c) 2025 ENDLESS INNOVATION JOURNAL (ENTREPRENEURSHIP, DIGITAL BUSINESS, & INNOVATION JOURNAL) https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://endlessinnovation-feb.unpak.ac.id/index.php/endless/article/view/55 Wed, 26 Mar 2025 00:00:00 +0000 ANALISIS PENERAPAN PEMBAYARAN DIGITAL GUNA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA BENGKEL LEBAK JAYA MOTOR https://endlessinnovation-feb.unpak.ac.id/index.php/endless/article/view/70 <p><strong>ABSTRAK</strong><br />Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan pembayaran digital guna meningkatkan kualitas pelayanan pada Bengkel Lebak Jaya Motor. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif eksploratif. Penarikan sampel menggunakan non-probability sampling dengan metode accidental sampling dan metode judgement sampling. Metode pengolahan data analisis menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan keputusan alternatif pembayaran yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan alternatif pembayaran digital untuk Bengkel Lebak Jaya Motor dengan platform mobile banking. Pemilihan platform mobile banking dapat meningkatkan kualitas pelayanan bengkel Lebak Jaya Motor karena memberikan kemudahan transaksi para pelanggan dan pemilik bengkel.</p> <p><em><strong>ABSTRACT</strong></em><br /><em>The purpose of this study is to analyze the application of digital payments to improve the quality of service at the Lebak Jaya Motor Workshop. The research method used is quantitative with the type of exploratory descriptive research. Sample extraction used non-probability sampling with accidental sampling method and judgement sampling method. The analysis data processing method uses the Analytical Hierarchy Process (AHP) to determine the alternative payment decision to be implemented. The results of the study show that the application of digital payment alternatives for the Lebak Jaya Motor Workshop with a mobile banking platform. The selection of a mobile banking platform can improve the quality of Lebak Jaya Motor's workshop services because it provides ease of transactions for customers and workshop owners.</em></p> <p> </p> Sri Hidajati Ramdani, Erik Suganda, Ayu Dwi Evina Wahid Copyright (c) 2025 ENDLESS INNOVATION JOURNAL (ENTREPRENEURSHIP, DIGITAL BUSINESS, & INNOVATION JOURNAL) https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://endlessinnovation-feb.unpak.ac.id/index.php/endless/article/view/70 Wed, 26 Mar 2025 00:00:00 +0000 INOVASI PEMBELIAN TANAMAN HIDROPONIK MELALUI WEBSITE URBANIK UNTUK MENDUKUNG KETAHANAN PANGAN DAN EKONOMI BERKELANJUTAN https://endlessinnovation-feb.unpak.ac.id/index.php/endless/article/view/67 <p>Peningkatan populasi di perkotaan menyebabkan terbatasnya lahan untuk pertanian, sehingga mendorong munculnya solusi urban farming. Salah satu metode yang berkembang pesat adalah hidroponik, yaitu budidaya tanaman tanpa menggunakan tanah dengan memanfaatkan aliran air yang kaya nutrisi. Metode ini memungkinkan hasil pertanian yang lebih efisien dalam penggunaan air dan dapat menghasilkan produk dengan kualitas tinggi.</p> <p>Namun, tantangan utama dalam pengembangan urban farming terletak pada </p> <p>aspek distribusi dan pemasaran hasil pertanian, yang memerlukan sistem penyimpanan dan pengiriman yang efisien untuk menjaga kesegaran produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan platform digital URBANIK yang memfasilitasi pemasaran dan pembelian tanaman hidroponik secara langsung. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Kualitatif, dengan pendekatan kuantitatif melalui survei kepada pelaku urban farming dan pendekatan kualitatif melalui wawancara serta analisis sistem digitalisasi. Hasil penelitian diharapkan menunjukkan bahwa implementasi sistem digital dapat meningkatkan aksesibilitas pasar, mempercepat distribusi, serta mendukung ketahanan pangan dan ekonomi berkelanjutan. Temuan ini diharapkan dapat menciptakan ekosistem pertanian perkotaan yang lebih efisien dan ramah lingkungan serta memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal.</p> Allya Assyifa Copyright (c) 2025 ENDLESS INNOVATION JOURNAL (ENTREPRENEURSHIP, DIGITAL BUSINESS, & INNOVATION JOURNAL) https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://endlessinnovation-feb.unpak.ac.id/index.php/endless/article/view/67 Wed, 26 Mar 2025 00:00:00 +0000 PENGARUH PERILAKU KONSUMTIF BELANJA ONLINE TERHADAP MINAT BELI ULANG PADA SHOPEE PAYLATER https://endlessinnovation-feb.unpak.ac.id/index.php/endless/article/view/49 <p>Perkembangan era industri 4.0, di zaman ini masyarakat Indonesia telah hidup berdampingan &amp; tidak dapat dipisahkan dengan perkembangan kemajuan teknologi yang ada. Dan juga pemanfaatan teknologi yang sangat maju memberikan kemudaha. Yang dirasakan bagi masyarakat dimana kini berbelanja tidak perlu bertemu secara langsung pada suatu tempat melainkan kini telah mampu dilakukan secara online. Pada kenyataannya dengan adanya kemudahan yang diberikan, belanja online telah menjadi kebiasaan sebagian orang, dan banyak orang yang percaya bahwa belanja online merupakan sarana untuk mencari apa yang mereka butuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari perilaku konsumtif belanja online terhadap minat beli ulang pada shopee paylater. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif, dengan responden adalah mahasiswa Universitas Pakuan Bogor. Responden dipilih melalui metode purposive sampling dengan total 100 responden berdasarkan pada perhitungan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan metode analisis data analisis deskriptif serta pengujian melalui SPSS. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumtif belanja online terhadap minat beli ulang pada shopee paylater berpengaruh positif signifikan.</p> Muhammad Rizal, Sri Hartini, Hasrul Copyright (c) 2025 ENDLESS INNOVATION JOURNAL (ENTREPRENEURSHIP, DIGITAL BUSINESS, & INNOVATION JOURNAL) https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://endlessinnovation-feb.unpak.ac.id/index.php/endless/article/view/49 Wed, 26 Mar 2025 00:00:00 +0000