ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN MARKETPLACE LAZADA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS PAKUAN

Authors

  • Amril Mu’minin Noviar Universitas Pakuan
  • Oktori Kiswati Zaini Universitas Pakuan
  • Bayu Dwi Prasetyo Universitas Pakuan

Keywords:

E-commerce, kepuasan pelanggan, kualitas layanan, marketplace, penilaian pelanggan, Customer satisfaction, customer review, e-commerce

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen pada pengguna jasa Lazada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan. Jenis data penelitian yang digunakan meliputi data kualitatif dan data kuantitatif, sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Jumlah sampel sebanyak 87 orang dan metode analisis yang digunakan adalah anlisis deskriptif. Hasil analisis deskriptif kepuasan konsumen pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan menunjukkan bahwa dari hasil total tanggapan responden menunjukkan bahwa responden puas dengan layanan yang diberikan oleh Lazada, berdasarkan hasil penelitian terdapat dimensi tertinggi yaitu dimensi efisiensi dan dimensi terendah yaitu kompensasi. Dimensi yang mendapatkan nilai terendah perlu ditingkatkan oleh Lazada dalam upaya meningkatkan kepuasan konsumen secara optimal.

ABSTRACT
This study was conducted to determine the level of customer satisfaction among Lazada service users at the Faculty of Economics and Business, Pakuan University. The types of research data used include qualitative and quantitative data, and the data sources used are primary and secondary. The number of samples was 87 people, and the analysis method used was descriptive analysis. The results of descriptive analysis of customer satisfaction in students of the Faculty of Economics and Business, Pakuan University, show that from the total results of respondents' responses, it shows that respondents are satisfied with the services provided by Lazada, based on the results of the study, the highest dimension is the efficiency dimension and the lowest dimension is compensation. Lazada needs to improve the dimension that gets the lowest score to increase customer satisfaction optimally.

References

Amalia, I.L. (2019). Analisis Elektronik Service Quality (E-Servqual) Untuk Mengukur Customer Satisfaction Index (Csi) Toko Online Shopee (PADA : Pelanggan Toko Online Shopee). [Online] Hal 1-11. Jember: Tersedia Di Http://Repository.Unmuhjember.Ac.Id/6615/1/JURNAL%20LINA%20FIX.Pdf. Diakses Pada 10 Juni 2022].

Armadi, A.D. Dkk. (2019). Studi Kepuasan Pelanggan Terhadap Kinerja Jasa Layanan Pdam Dengan Metode Importance Performance Analysis [Online] Vol.5 No.1 Hal.53-62. Bogor: Tersedia Di

Asmai Ishak (2012). Analisis Kepuasan Pelanggan Dalam Belanja Online: Sebuah Studi Tentang Penyebab (Antecedents) Dan Konsekuensi (Consequents). [Online] Vol.16 No 2 Juli 2012 Hal 141-154. Yogyakarta:

Budiman, A., Yulianto, E., & Saifi, M. (2020). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Satisfaction Dan Eloyalty Nasabah Pengguna Mandiri Online. Jurnal Profit, 14(1). Http://Profit.Ub.Ac.Id.

Daryanti, P., & Shihab, M. S. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Dengan Menggunakan Konsep E-Servqual (PADA Pelanggan Shopee). Journal Of Entrepreneurship, Management And Industry (JEMI), 2(3), 120–127. Https://Doi.Org/10.36782/Jemi.V2i3.1915.

Ekarani, W.W.N (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Layanan Shopee. [Online] Vol. 11(1), Januari 2022, Pp. 38-45. Depansar: Tersedia Di Https://Ojs.Unud.Ac.Id [Diakses Pada 23 Juni 2022].

Kotler, Philip, & Amstrong, G. (2015). Dasar-Dasar Pemasaran.Jakarta: Erlangga.

Kotler, Phillip, & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (Edisi 12). Jakarta:PT. Indeks.

Median,Dian. (2018). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Pada Online Shop Shopee. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Tersedia Di Http://Repository.Umsu.Ac.Id/Bitstream/Handle/123456789/8780/SKRIPSI.Pdf?Sequ. [Diakses Pada 23 Juni 2022].

Pranitasari, D. (2021). Analisis Kepuasan Pelanggan Elektronik Shopee Menggunakan Metode E-Service Quality Dan Kartesius. [Online] Volume 18 Number 02. Jakarta: Tersedia Di Https://Ejournal.Stei.Ac.Id/Index.Php/JAM/Article/View/438. [Diakses Pada 23 Juni 2022].

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supranto, J. (2016). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. PT. Rineka Cipta.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (3rd Ed.). Yogyakarta: Andi.

Yuliana, Oviliani Yenty.(2022) .Penggunaan Teknologi Internet Dalam Bisnis. [Online] Jurnal Akuntansi & Keuangan Vol. 2, No. 1, Mei 2000: 36 – 52. Tersedia Di Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/73606-ID-Penggunaan-Teknologi-Internet-Dalam-Bisn.Pdf. [Diaskes Pada 16 Desember

Downloads

Published

27-09-2024