DIGITAL TRANSFORMATION USING WEBSITES TO IMPROVE ACCESSIBILITY AND EFFECTIVENESS IN SMALL MEDIUM ENTERPRISE

Authors

  • Indyra Yulianti Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Muhammad Ridho Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Nava Gia Ginasta Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

Keywords:

Accessibility, digital transformation, effectiveness, micro small medium enterprise, website, Aksesibilitas, efektivitas, transformasi digital, usaha mikro kecil menengah

Abstract

ABSTRACT
This study aims to analyze the role of the web in helping MSMEs reach a wider market, improve operational efficiency, and strengthen brand image. This study is a qualitative study. The sample of this study was 112 micro, small and medium enterprises in Lengkong Kecil. Data were collected through a survey by distributing questionnaires. Data analysis used descriptive statistical analysis. The results of this report contain the development and implementation of the web that has been created for MSMEs to increase business visibility, facilitate transactions, and provide a better customer experience. In addition, challenges such as lack of digital literacy and limited resources are obstacles that need to be overcome with the right strategy. With optimal use of the web, MSMEs can be more adaptive to technological changes and increase competitiveness in the digital era.

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran web dalam membantu UMKM menjangkau pasar yang lebih luas, meningkatkan efisiensi operasional, dan memperkuat citra merek. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sampel penelitian ini adalah pelaku usaha mikro kecil menengah di Lengkong Kecil sejumlah 112 usaha. Data dikumpulkan melalui survei dengan menyebarkan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis ststistik deskriptif. Hasil dari laporan ini berisi tentang pengembangan dan implementasi web yang telah dibuat untuk UMKM untuk meningkatkan visibilitas bisnis, memudahkan transaksi, dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Selain itu, tantangan seperti kurangnya literasi digital dan keterbatasan sumber daya menjadi kendala yang perlu diatasi dengan strategi yang tepat. Dengan pemanfaatan web yang optimal, UMKM dapat lebih adaptif terhadap perubahan teknologi dan meningkatkan daya saing di era digital.

References

Silalahi, P. R., Wahyudi, I. H., Taufiq, M., Annisa, N., Rahman, Z. (2022). Peran e-commerce dalam menopang keberhasilan UMKM di Indonesia. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(4), 1343 – 1355. https://doi.org/10.30651/jms.v7i4.13930.

Surianti, S., & Banyal, N. A. (2022). Perancangan sistem informasi laporan capaian kinerja pada kantor wilayah kementerian agama provinsi papua berbasis website. Jurnal Ilmiah Matrik, 24(3), 268–274. https://doi.org/10.33557/jurnalmatrik.v24i3.2032.

Ahmadar, M., Perwito, P., Taufik, C. (2021). Perancangan sistem informasi penjualan berbasis web pada rahayu photo copy dengan database MySQL. Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, 10(4), 284 – 289. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v10i4.35873.

Anggraeni, D. S., Anisa, D. P., Ginasta, N. G. (2024). Design and analysis of financial management and budget application system in student business. Journal of Digital Business and Innovation Management, 3(1), 21–35. https://doi.org/10.26740/jdbim.v3i1.60270.

Rahmah, Z. Z., Rahmah, Y., Purnama, C., Fatmah, D., Rahmah, M. (2022). Strategi peningkatan pemasaran melalui media sosial terhadap umkm di desa kintelan (studi kasus UMKM di Desa Kintelan Kelurahan Puri Kabupaten Mojokerto). Jurnal BUDIMAS, 4(1).

Farisi, S. A., Fasa, M. I., Suharto. (2022). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 9(1), 73-84. https://doi.org/10.53429/jdes.v9iNo.1.307.

Munti, N., Y., S., & Syaifuddin. (2020). Analisa dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1975–1805.

Riyoko, S., & Lofian, B. (2021). Model pengembangan strategi pemasaran berbasis teknologi informasi dalam meningkatkan daya saing UMKM di Jepara. E-MAbis: Jurnal Ekonomi manajemen dan Bisnis, 21(2), 113 – 120. 10.29103/e-mabis.v21i2.482.

Syukri, U. A., & Sunrawali, A. N. (2022). Digital marketing dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah. KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 19(1), 171–172, 2022, https://doi.org/10.29264/jkin.v19i1.10207.

Hazmin, G., & Wijayanti, A. (2022). Pendekatan berbasis phygital dalam menjembatani kesenjangan dalam transformasi digital. International Journal of Community Service Learning, 6(2), 160. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i2.48470.

Fidri, M., Suib, M., Saputra, D, & Nurhayati. (2022). Efektivitas penggunaan media gambar dalam pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal As-Said, 2(1), 138–148.

Anita, Thantawi, T. R., & Suryani, E. (2021). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi aksesibilitas UMKM terhadap produk pembiayaan di bank umum syariah. Sahid Banking Journal, 1(01), 45-59. https://doi.org/10.56406/sahidbankingjournal.v1i01.19.

Suparman, M., Rosada, M., Lutfi, M., Kamaliya, P., Faoziah S., Alfian, R. H., Ramashan, F., Alfaro., Rosdiana, M. (2023). Mengenal aplikasi figma untuk membuat content menjadi lebih interaktif di era society 5.0. Abdi Jurnal Publikasi, 1(6), 552 – 555.

Senjaya, H., & Basri, A. (2023). Analisis dan perancangan sistem informasi pemesanan menu makanan dan minuman berbasis web. JURNAL ALGOR, 4(2), 34 – 43. https://doi.org/10.31253/algor.v4i2.1513.

Koloay, K., Sompie, S. R. U. A., Paturusi, S. D. E. (2020). Rancang bangun aplikasi fitness berbasis android (studi kasus: Popeye Gym Suwaan). Universitas Sam Ratulangi.

Downloads

Published

26-03-2025