HUBUNGAN CONTENT MARKETING PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE SCARLETT WHITENING
Keywords:
content marketing, keputusan pembelian, media sosial, pemasaranAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara content marketing pada media sosial Instagram dengan keputusan pembelian Skincare Scarlett Whitening. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kuantitatif, dengan responden mahasiswa manajemen FEB Universitas pakuan Bogor angkatan 2020 yang pernah membeli produk Scarlett Whitening. Pemilihan responden dilakukan dengan metode Non probability sampling dengan teknik purposive sampling dengan total 80 responden berdasarkan pada perhitungan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa content marketing terhadap keputusan pembelian skincare Scarlett Whitening pada mahasiswa manajemen FEB Universitas Pakuan menunjukan hasil yang sangat setuju. Adapun hasil yang diperoleh ialah 67% untuk variabel content marketing, dan 67,5% untuk variabel keputusan pembelian.
References
Amalia, C. D., & Lubis, E. E. (2020). Pengaruh Content Marketing di Instagram Stories @Lcheesefactory Terhadap Minat Beli Konsumen. JOM FISIP UNRI, 7(1).
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Edisi 9. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hartanti, H. T. (2018). Pengaruh Dimensi-dimensi Content Marketing terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi pada akun Instagram @Gigieatcake. [Skripsi]. Universitas Bakrie. https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/1324
Huda, I. U., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. (2021). Pengaruh Content Marketing Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Menengah Di Media Sosial. Al-KALAM JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(1), 32. https://doi.org/10.31602/al-kalam.v8i1.4156.
Kotler, P., &. Armstrong. G. (2018). Principles of Marketing. 17th Edition. Pearson Higher Education.
Limandono, J. A. (2017). Pengaruh Content Marketing dan Event Marketing Terhadap Customer Engagement dengan Sosial Media Marketing sebagai Variabel Moderasi di Pakuwon City. Jurnal Strategi Pemasaran., 5(1).
Nabila, V. A., & Habib, M. A. F. (2023). Pengaruh Content Marketing Aplikasi Tiktok, Online Customer Review, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Masker Camille Beauty. Jurnal Mirai Management, 8(2), 590-601. https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.4836
Oisina, I. V. (2021). Pengaruh Daya Tarik Content Marketing Dan Content Riview Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Followers Akun @msglowbeauty). MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 265–276. https://doi.org/10.35326/medialog.v4i2.1846
Pektas, S. Y., & Hassan, A. (2020). The Effect of Digital Content Marketing on Tourists’ Purchase Intention. Journal of Tourismology, 6(1), 79–88.
Putri, D. P. E., Rismawati, D. A., Lestari, M. S., Pravitasari, N., Saputri, P., Wahyudi, R., & Rahmawati, Y. (2023). Pengaruh Harga, Promosi, Ulasan Produk, Dan Metode Pembayaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace TikTok Shop. Academica: Journal of Multidisciplinary Studies, 7(1), 67-92. https://doi.org/10.22515/academica.v7i1.7400
Ratnasari, A., Hamdan, Y., & Julia, A. (2017). Promosi Penjualan Produk Melalui Instagram. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 2(2), 101-107. http://dx.doi.org/10.33376/ik.v2i2.8
Riyanto, A. D. (2023, April 18). Hootsuite (We Are Social): Indonesian Digital Report 2023. Andi.link. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2023/#:~:text=Platform%20Media%20Sosial%20yang%20Banyak,1%25%20(naik%20pesat).
Scarlett Whitening. Scarlettofficial.id. https://www.scarlettofficial.id/
Brand Skincare Lokal terlaris di Online Marketplace. (2022) Compas.co.id. https://compas.co.id/article/brand-skincare-lokal-terlaris/
Soehandoko (2022). Pengaruh Word Of Mouth (WOM), Harga Dan Unique Selling Point (USP) Terhadap Penjualan Produk Lokal Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Produk Scarlett Whitening). Prosiding: Ekonomi dan Bisnis, 3(2).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung.
Turner, G. (2019). Content Marketing: Proven Strategies to Attract an Engaged Audience Online with Great Content and Social Media to Win More Customers, Bulid Your Brand and Boost Your Business. Amazon Digital Services LLC.
Widi, S. (2023, Februari 3). Pengguna Media Sosial di Indonesia Sebanyak 167 Juta pada 2023. DataIndonesia.id. https://dataindonesia.id/internet/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-sebanyak-167-juta-pada-2023
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 ENDLESS INNOVATION JOURNAL (ENTREPRENEURSHIP, DIGITAL BUSINESS, & INNOVATION JOURNAL)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



