ANALISIS PENGGUNAAN PROGRAM FLASH SALE SHOPEE TERHADAP IMPULSE BUYING PADA PRODUK SKINTIFIC DI KOTA BOGOR

Authors

  • Yolanda Amelia Putri Ramadhan Universitas Pakuan
  • Oktori Kiswati Zaini Universitas Pakuan
  • Eka Patra Universitas Pakuan

Keywords:

Flash sale, impulse buying, e-commerce, pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh program flash sale terhadap impulse buying pada produk Skintific di Kota Bogor.  Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan responden pengguna Skintific di Kota Bogor. Pemilihan responden dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dengan total 100 responden berdasarkan pada perhitungan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif statistik dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara program flash sale terhadap impulse buying pada produk Skintific di kota Bogor.

References

Ahdiat, A. (2024). 5 E-Commerce Dengan Pengunjung Terbanyak Sepanjang 2023. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2024/01/10/5-E-Commerce-Dengan-Pengunjung-Terbanyak-Sepanjang-2023

Andini, N. S. (2024). Compas Market Insight Dashboard: Skintific Menempati Posisi Pertama Penjualan Paket Kecantikan Di Q1 2024. Compas.Co.Id

Andriani, M. (2023). Pengaruh Flash Sale dan Live Streaming Terhadap Repurchase Melalui Impulse Buying Sebagai Variabel Intervening. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.

Annur, C. M. (2022). Diskon Hingga Flash Sale, Ini Ragam Promosi Belanja Online Yang Paling Ditunggu Saat Harbolnas

Arestrias, A. P., & Wijanarko, A. A. (2021). Pengaruh Metode Flash Sale Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Konsumen Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen, 1, 1–10.

Bogor, B. P. S. K. (2023). Jumlah Penduduk Menurut Kecamatan Di Kota Bogor (Jiwa) 2023. Bogorkota.Bps.Go.Id

Cemara, N. (2023). Compas Data Market Insight: Bedah Isi Toko Dari Top Seller Skincare Brand Skintific di E-Commerce. Https://Compas.Co.Id/Article/Top-Seller-Skincare/

Darwipat, D., Syam, A., & Marhawati, M. (2020). Pengaruh Program Flash Sale Terhadap Perilaku Impulsive Buying Konsumen Marketplace. Journal Of Economic Education And Entrepreneurship Studies, 1(2), 58. Https://Doi.Org/10.26858/Je3s.V1i2.18635

Dinova, S., & Suharyati. (2023). Pengaruh Live Streaming Shopping Dan Flash Sale Terhadap Pembelian Implusif Pengguna Shopee Di Kecamatan Jatinegara. Journal Of Young Entrepreneurs, 2(4), 88–102.

Dsilva, H., & N, E. (2021). Impulsive Buying During Flash Sales On Ecommerce Sites And The Ramification Of Flash Sales On Shopping. Ushus Journal Of Business Management, 20(4), 27–43. Https://Doi.Org/10.12725/Ujbm.57.3

Kompas. (2023). Skintific Sukses Raih Beragam Penghargaan Dan Jadi Skincare Banyak Dicari. Https://Www.Kompas.Id/Baca/Adv_Post/Skintific-Sukses-Raih-Beragam-Penghargaan-Dan-Jadi-Skincare-Banyak-Dicari

Kumparanbisnis. (2023). Populix Ungkap Sifat Masyarakat Indonesia Saat Belanja Online: Impulsif. Https://Kumparan.Com/Kumparanbisnis/Populix-Ungkap-Sifat-Masyarakat-Indonesia-Saat-Belanja-Online-Impulsif-1zs7t7zjq9n/Full

Media Konsumen. (2023). Flash Sale Shopee Hanya Gimmick. Https://Mediakonsumen.Com/2023/10/02/Surat-Pembaca/Flash-Sale-Shopee-9-9-Hanya-Gimmick

Nastiti, R., & Nugroho, E. S. (2020). The Effect Of Flash Sale And Discount Towards Impulsive Buying (Study On Shopee Users). Jurnal Akuntansi,

Rahmawati, N. D., Winarso, W., & Anas, H. (2023). Pengaruh Flash Sale, Live Shopping, Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Brand Skintific Di Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Bhayangkara Jakarta Raya). Jurnal Economina, 2(10), 2740–2755. Https://Doi.Org/10.55681/Economina.V2i10.897

Renita, I., & Astuti, B. (2022). Pengaruh Program Flash Sale Terhadap Pembelian Impulsif Dan Shopping Enjoyment Pada Mahasiswa Di Yogyakarta. Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 01(8.5.2017), 109–120.

Shopee. (2024). Skintific Official Store.

Simanjutak, O. De. (2022). Pengaruh Flash Sale Promotion Dan Discount Terhadap Online Impulsive Buying (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Shopee Di Universitas Sari Mutiara Indonesia). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 383–387.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Wale, N. (2023). Analisis Impulsif Buying Pada Belanja Online (Study Pada Konsumen Online Shop Waingapu Blessing). Innovative: Journal Of Social Science 3(3), 4349–4365.

Wangi, L. P., & Andarini, S. (2021). Pengaruh Flash Sale Dan Cashback Terhadap Perilaku Impulse Buying Pada Pengguna Shopee. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 5(1), 79–91. Https://Doi.Org/10.35308/Jbkan.V5i1.3424

Zakiyyah, A. M. (2018). Pengaruh Flash Sale Terhadap Pembelian Impulsif Online Pada Toko Online “Pulchragallery.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(1), 63–70. Https://Doi.Org/10.32528/Jmbi.V4i1.1716

Downloads

Published

30-09-2025