ANALISIS PENERAPAN PEMBAYARAN DIGITAL GUNA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA BENGKEL LEBAK JAYA MOTOR
Keywords:
Analytical Hierarchy Process, financial technology, kualitas pelayanan, pembayaran digital, usaha mikro kecil menengah, digital payment, service quality, micro, small, medium enterpriseAbstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan pembayaran digital guna meningkatkan kualitas pelayanan pada Bengkel Lebak Jaya Motor. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif eksploratif. Penarikan sampel menggunakan non-probability sampling dengan metode accidental sampling dan metode judgement sampling. Metode pengolahan data analisis menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan keputusan alternatif pembayaran yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan alternatif pembayaran digital untuk Bengkel Lebak Jaya Motor dengan platform mobile banking. Pemilihan platform mobile banking dapat meningkatkan kualitas pelayanan bengkel Lebak Jaya Motor karena memberikan kemudahan transaksi para pelanggan dan pemilik bengkel.
ABSTRACT
The purpose of this study is to analyze the application of digital payments to improve the quality of service at the Lebak Jaya Motor Workshop. The research method used is quantitative with the type of exploratory descriptive research. Sample extraction used non-probability sampling with accidental sampling method and judgement sampling method. The analysis data processing method uses the Analytical Hierarchy Process (AHP) to determine the alternative payment decision to be implemented. The results of the study show that the application of digital payment alternatives for the Lebak Jaya Motor Workshop with a mobile banking platform. The selection of a mobile banking platform can improve the quality of Lebak Jaya Motor's workshop services because it provides ease of transactions for customers and workshop owners.
References
Arie, S. D. P., Ramadhani, & Dwi, D. (2022). Pengaruh Manfaat, Kemudahan terhadap Minat Pemakaian Financial Technology Pada Penggunaan Pembayaran Digital UMKM di Sumenep. AKUNTABILITAS: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi, 15(2), 17–30. https://doi.org/10.35457/akuntabilitas.v15i2.2505
Armaniah, H., Marthanti, A. S., & Yusuf, F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Ahass Honda Tangerang. Penelitian Ilmu Manajemen, 2(2), 2614–3747. https://bmspeed7.com
Arner, D. W., Barrell, R., & Davis, E. P. (2017). Financial regulation. National Institute Economic Review, 216(1). https://doi.org/10.1177/0027950111411368
Durman, I. G., & Wafa, Z. (2024). Pengaruh Penggunaan Dompet Digital , M-Banking , dan Kartu Pembayaran Elektronik Terhadap Kemudahan Transaksi Bagi Mahasiswa di Yogyakarta.
Gaol, J. L. (2019). Digital Payment : Manajemen Pemasaran : Perilaku Konsumen (N. Purwanti (ed.)). PT Grasindo.
Gosal, M. A., & Linawati, N. (2018). Pengaruh Intensitas Penggunaan Layanan Mobile Payment terhadap Spending Behavior. In Pengaruh Intensitas Penggunaan Layanan Mobile Payment terhadap Spending Behavior (Issue 23). SENIMA 3.
Hadianti, S., & Mubarok, A. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mata Pelajaran Unggulan Pada LPI Al-Muhajirin Cibeurih. Jurnal Informatika, 4(1), 103–107.
Handayani, N. L. P., & Soeparan, P. F. (2022). Peran Sistem Pembayaran Digital Dalam Revitalisasi UMKM. Transformasi: Journal of Economics and Business Management, 1(3), 20–32. https://doi.org/10.56444/transformasi.v1i3.425
Heriyanto, R. F., Shanti, A., & Artiningsih, D. W. (2020). Analisis kualitas pelayanan dalam upaya meningkatkan kepuasan pelanggan pada bengkel motor arjuna buaya speed banjarbaru.
Isyana, Y., Pongoliu, D., Hulukati, F., Gobel, F., Dian, S., & Utina, A. (2024). Analisis Penggunaan Mobile Banking Sebagai Alat Transaksi Finansial Pada Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo. Jambura, 6(3), 1146–1156. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB
Kartikasari, A., & Rozza, S. (2023). Pengaruh Public Relations dan Social Media Influencer terhadap Keputusan Nasabah Melakukan Transaksi via Mobile Banking Bank Syariah Indonesia. Repository.Pnj.Ac.Id, 3. https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12208/%0Ahttps://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12208/1/Halaman Identitas Skripsi_Aprilia Kartikasari_1904411060.pdf
Manengal, B., Kalangi, J. A. F., & Punuindoong, A. Y. (2021b). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasaan pelanggan bengkel motor Ando Tombatu. Productivity, 2(1), 42–46.
Ming‐Yen Teoh, W., Choy Chong, S., Lin, B., & Wei Chua, J. (2018). Factors affecting consumers’ perception of electronic payment: an empirical analysis. Internet Research, 23(4), 465–485.
Narti. (2017). Pengambilan Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi Menggunakan Metode AHP Dan Topsis. Jurnal Informatika, 4(2), 196–205.
Pramana, C. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(2), 115. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.557
Putri, W. A., Rachmawati, D., & Silalahi, W. S. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan E-Wallet Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process-TOPSIS: E-Wallet Selection Decision Support System Using Analytic Hierarchy Process-TOPSIS Method. MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, 2(1), 18–27.
Ratnasari, E. (2022). Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Jasa Pada Bengkel. FOKUS : Publikasi Ilmiah Untuk Mahasiswa, Staf Pengajar Dan Alumni Universitas Kapuas Sintang, 20(2). https://doi.org/10.51826/fokus.v20i2.649
Ridwa, A. N. S. (2024). Desain Aplikasi Layanan Reservasi Bengkel Motor Online Pilihan Tepat untuk Servis Tanpa Repot. 4.
Santoso, I. C., Kembau, A. S., & Sutrisno, J. (2024). “Mengapa Pengguna Memilih Dompet Digital GoPay? Studi Tentang Pengaruh Persepsi Terhadap Kemudahan, Keamanan, Dan Manfaatnya.” Jurnal Digismantech, 4(1), 72–87. http://dx.doi.org/10.30813/digismantech.v4i1.5937.g2956
Supriadi, A. (2018). Analytical Hierarchy Process (Vol. 4, Issue 7). CV Budi Utama.
Tazkiyyaturrohmah, R. (2018). Eksistensi Uang Elektronik Sebagai Alat Transaksi Keuangan Modern. Muslim Heritage, 3(1), 23. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v3i1.1240
Trihasta, D., & Fajaryanti, J. (2019). E-Payment Sistem. Kommit.
Turban, E., King, D., Viehland, D., & Lee, J. (2018). Electronic commerce 2002: A managerial perspective (Edisi 2). Pearson Prentice Hall Upper Saddle River, NJ.
Wardani, A. P. Y. K., & Darmawan, N. A. S. (2020). Peran Financial Technology pada UMKM: Peningkatan Literasi Keuangan Berbasis Payment Gateway. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 10(2), 170. https://doi.org/10.23887/jiah.v10i2.25947
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 ENDLESS INNOVATION JOURNAL (ENTREPRENEURSHIP, DIGITAL BUSINESS, & INNOVATION JOURNAL)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.