MINAT BELI KONSUMEN BERDASARKAN SOCIAL MEDIA MARKETING PADA DAILY COFFEE BOGOR
Keywords:
kedai kopi, media sosial, minat beli, pemasaran, pemasaran media sosial, Coffee shop, marketing, purchase interest, social media, social media marketingAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh social media marketing terhadap minat beli konsumen pada Daily Coffee. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan metode penarikan sampel non probability sampling berdasarkan accidental sampling. Metode analisis data yang digunakan yaitu regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan responden mengenai social media sebesar 50,25% dan minat beli sebesar 52,9%. Hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen.
ABSTRACT
This study aims to describe the influence of social media marketing on consumer buying interest in Daily Coffee. The research method used is a quantitative research method with an associative research type. Data was obtained from the distribution of questionnaires to 100 respondents. The number of samples was determined using the Slovin formula with a non-probability sampling method based on accidental sampling. The data analysis method used is simple linear regression. The results of the study showed that the respondents' response to social media was 50.25% and the purchase interest was 52.9%. The results of a simple linear regression test show that social media marketing has a positive and significant effect on consumer purchase interest.
References
Arief, G. M., & Millianyani, H. (2015). Pengaruh social media marketing melalui Instagram terhadap minat beli konsumen Sugar Tribe. E-Proceedings of Management, 2(3), 2581-2587.
Amstrong, G. Adam, S., Denize, S., Volkov, M., Kotler, P. (2018). Principles of Marketing (7th ed.). Melbourne: Pearson Education Australia.
Bakti, U., Hairudin, & Alie, M. S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi, 22(1), 101-118. https://doi.org/10.37721/je.v22i1.633
Fajriani, A. (2016). Pengaruh social media marketing melalui Instagram terhadap minat beli konsumen Steak Ranjang Bandung (studi kasus pada pengguna Instagram di bandung tahun 2016). Prosiding SnaPP: Sosial, Ekonomi dan Humaniora, 6(1).
Jiang, Y., & Yin, S. (2021). The Impact of Social Media Marketing on Consumers’ Purchase Intention. Frontier Computing, (1797-1803). Springer Singapore. DOI:10.1007/978-981-16-0115-6_209
Kim, A., J & Ko, E. 2012. Do Social Media Marketing Activities Enchance Costumer Equity? An Empirical Study of Luxury Fashion Brand. Journal of Business Research 65. 1480-1486.
Kotler, P. & Keller, K. L. (2016). Handbook Of Research Of Effective Advertising Strategies In The Social Media Age. Cambridge: IGI Global.
Kotler, P., dan Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran. Edisi 15. Penerjemah Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital. New Jersey: John Wiley & Sons.
Mahdi, M. I. (2022, Februari 25). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 juta pada 2022. dataindonesia.id. Tersedia di: https://dataindonesia.id/internet/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022
Muharam, A. N., Widaningsih, S., & Mustikasari, A. (2021). Pengaruh Social media marketing Melalui Instagram Terhadap Minat Beli Produk “Boci Baso Aci” (Studi Kasus Pada PT. AA Mapan Perkasa Tahun 2020). e-Proceeding of Applied Science, 7(4), 625-634.
Pham, P. H. M. & Gammoh, B. S. (2015). Characteristics of social-media marketing strategy and customer-based brand equity outcomes: A conceptual model. International Journal of Internet Marketing and Advertisting, 9(4), 321-337. DOI:10.1504/IJIMA.2015.072885
Ridwan, M., et al. (2020). How Trust and Quality of Information Affect Buying Interest and Purchasing Decisions? (Study on Shopee Customers in Samarinda). International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 4(1), 95-102.
Santika, E. F. (2024, April 16). Ini Gambaran Produksi, Ekspor, Konsumsi Kopi Indonesia hingga 2026. databoks.katadata.co.id. Tersedia di: https://databoks.katadata.co.id/agroindustri/statistik/a927a4885a13422/ini-gambaran-produksi-ekspor-konsumsi-kopi-indonesia-hingga-2026#:~:text=Rinciannya%2C%20produksi%20kopi%20mencapai%20793,6%20ribu%20ton%20pada%202023.
Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 4(1), 38-51. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i1.99
Tungka, D., Lionardo, M. M., Thio, S., & Iskandar, V. (2020). Pengaruh social media marketing pada Instagram terhadap minat beli Chatime Indonesia. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 8(2).
Tuten, T. L. & Solomon, M. R. (2017). Social Media Marketing. California: SAGE Publications, Inc.
Yunikartika, L., & Harti, H. (2022). Pengaruh Social Media Marketing dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Minat Beli Kuliner Melalui Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening pada Akun Instagram @carubanmangan. Jurnal E-Bis. Vol 6(1). 212-230. https://doi.org/10.37339/e-bis.v6i1.897
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 ENDLESS INNOVATION JOURNAL (ENTREPRENEURSHIP, DIGITAL BUSINESS, & INNOVATION JOURNAL)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.