ANALISIS EFEKTIVITAS CONTENT MARKETING TIKTOK DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN
Keywords:
Aplikasi, keputusan pembelian, konsumen, pemasaran konten, Application, consumer, content marketing, purchase decisionAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah content marketing pada aplikasi TikTok berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Pemilihan responden dilakukan dengan metode accidental sampling, sampel diambil berdasarkan kecocokan. Pengumpulan data menggunakan penyebaran kuisioner terhadap 100 responden berdasarkan rumus Lemeshow. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Variabel yang diteliti yaitu content marketing sebagai variabel independen dan keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Content marketing pada aplikasi TikTok berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
ABSTRACT
This study aims to analyze whether content marketing on the TikTok application affects purchasing decisions. This research is a type of associative descriptive research with a quantitative approach. The selection of respondents was carried out by accidental sampling method, samples were taken based on suitability. Data collection used the distribution of questionnaires to 100 respondents based on the Lemeshow formula. The analysis methods used are descriptive statistical analysis and simple linear regression analysis. The variables studied were content marketing as an independent variable and purchase decisions as dependent variables. The results of this study show that content marketing on the TikTok application has an effect on purchase decisions
References
Ahdiat, A. (2024, Januari 10). 5 e-commerce dengan pengunjung terbanyak sepanjang 2023. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/3c9132bd3836eff/5-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-sepanjang-2023
Amalia, A. (2021, Januari 3). Ini 4 penyebab utama content marketing anda gagal! Content Collision. https://contentcollision.co/penyebab-content-marketing-anda-gagal/
Annur, C. M. (2022, September 6). Jumlah Pengguna TikTok Terus bertambah, ini Data terbarunya. Databoks.katadata.co.id. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/b32ac5a4a35e068/jumlah-pengguna-tiktok-terus-bertambah-ini-data-terbarunya
Cahyaningtyas, R., & Wijaksana, T. I. (2021). Pengaruh Review Produk dan Konten Marketing pada Tiktok terhadap Keputusan Pembelian Scarlett Whitening By Felicya Angelista. eProceedings of Management, 8(5).
Debora, M. S. (2023). Analisis Content Marketing terhadap Keputusan Pembelian Skincare Somethinc di Media Sosial Instagram. [Skripsi]. Universitas Pakuan.
Gani, A. G. (2013). Sejarah dan Perkembangan Internet di Indonesia. Jurnal Mitra Manajemen, 5(2). https://doi.org/10.35968/jmm.v5i2.573
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Haryanto, A. T. (2020, Februari 20). Riset: Ada 175,2 juta Pengguna Internet di Indonesia. Detikinet. https://inet.detik.com/cyberlife/d-4907674/riset-ada-175-2-juta-pengguna-internet-di-indonesia
Kotler, P., & Keller, K. L. (2020). Marketing Management (15th ed.). Pearson Pretice Hall.
Mahardini, S., Singal, V. G., & Hidayat, M. (2023). Pengaruh Content Marketing Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Aplikasi Tik-Tok Di Wilayah Dki Jakarta. Ikraith-Ekonomika, 6(1), 180-187. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v6i1.2480
Mucharomah, N. L. (2023, Mei 15). Strategi Memanfaatkan “Popularitas” untuk Meningkatkan Brand Awareness bagi UMKM. Dailysocial.id. https://cms.dailysocial.id/post/strategi-memanfaatkan-popularitas-untuk-meningkatkan-brand-awareness-bagi-umkm/
Nurivananda, S. M., & Fitriyah, Z. (2023). Pengaruh Content Marketing Dan Live Streaming Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Media Sosial Tiktok (Studi Pada Konsumen Generasi Z@ Scarlett_Whitening Di Surabaya). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(4), 3664-3671. https://doi.org/10.37385/msej.v4i4.2498
Nurijayanti, A., Sukamdiani, M. G., & Perdana, D. N. C. (2023). Pengaruh Review Produk, Konten Marketing dan Persepsi Harga pada Tiktok terhadap Keputusan Pembelian Camille Beauty by Nadya Shavira. JURNAL WIRANOMIKA, 2(1).
Oisina, I. V. (2021). Pengaruh Daya Tarik Content Marketing Dan Content Riview Terhadap Keputusan Pembelian:(Survey Pada Followers Akun@ msglowbeauty). MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 265-276.
Oktaviani, D., & Haliza, N. (2023). Pengaruh Review Produk Dan Content Marketing Pada Aplikasi Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z. Cakrawala Repositori IMWI, 6(4), 769-781. https://doi.org/10.52851/cakrawala.v6i4.416
Prayoga, I. & Mulyandi, M. R. (2020). Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Fore Coffee. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 136-140.
Riyanto, G. P. & Pertiwi, W. K. (2023, Juli 11). Pengguna TikTok di Indonesia Tembus 113 Juta, Terbesar Kedua di Dunia. Kompas.com. https://tekno.kompas.com/read/2023/07/10/11000067/pengguna-tiktok-di-indonesia-tembus-113-juta-terbesar-kedua-di-dunia
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif: Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksprimen. Penerbit Deepublish.
Share of organizations with a content marketing strategy in place worlwide form 2019 to 2022. (2023, February). Statista.com. https://www.statista.com/statistics/251437/companies-with-defined-content-marketing-strategies-worldwide/
Sugiyono. (2021) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.
Zakawali, G. (2024, April 12). 10 Barang terlaris di TikTok Shop, bisa jadi ide jualan! Beritausaha.com. https://beritausaha.com/inspirasi-bisnis/barang-terlaris-di-tiktok-shop/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 ENDLESS INNOVATION JOURNAL (ENTREPRENEURSHIP, DIGITAL BUSINESS, & INNOVATION JOURNAL)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.