PENGARUH PERILAKU KONSUMTIF BELANJA ONLINE TERHADAP MINAT BELI ULANG PADA SHOPEE PAYLATER

Authors

  • Sri Hartini Universitas Pakuan
  • Hasrul Universitas Pakuan
  • Muhammad Rizal Universitas Pakuan

Keywords:

Belanja, Perilaku konsumen, perilaku konsumtif, minat beli ulang, Costumer behavior, consumptive behavior, online, shopping, repurchase interest

Abstract

Perkembangan era industri 4.0, di zaman ini masyarakat Indonesia telah hidup berdampingan & tidak dapat dipisahkan dengan perkembangan kemajuan teknologi yang ada. Dan juga pemanfaatan teknologi yang sangat maju memberikan kemudaha. Yang dirasakan bagi masyarakat dimana kini berbelanja tidak perlu bertemu secara langsung pada suatu tempat melainkan kini telah mampu dilakukan secara online. Pada kenyataannya dengan adanya kemudahan yang diberikan, belanja online telah menjadi kebiasaan sebagian orang, dan banyak orang yang percaya bahwa belanja online merupakan sarana untuk mencari apa yang mereka butuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari perilaku konsumtif belanja online terhadap minat beli ulang pada shopee paylater. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif, dengan responden adalah mahasiswa Universitas Pakuan Bogor. Responden dipilih melalui metode purposive sampling dengan total 100 responden berdasarkan pada perhitungan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan metode analisis data analisis deskriptif serta pengujian melalui SPSS. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumtif belanja online terhadap minat beli ulang pada shopee paylater berpengaruh positif signifikan.

References

Amalia, R. J. (2022). Analisis Perilaku Konsumtif dan Daya Beli Konsumen Terhadap Belanja Online Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(1), 1-16.

Aprillia, W., Mintarti, S. U., & Utomo, S. H. (2015). Pengaruh latar belakang sosial ekonomi orang tua, pendidikan ekonomi di keluarga, dan economic literacy terhadap perilaku konsumsi mahasiswa. Jurnal Pendidikan Humaniora, 3(1), 78-84.

Daftar e-commerce dengan nilai transaksi terbesar di Indonesia. (2023, Desember 1). GoodStats. https://goodstats.id/infographic/daftar-e-commerce-dengan-nilai-transaksi-terbesar-di-indonesia-M20kO

Dihni, V. A. (2022, Juni 21). Berapa rata-rata pengeluaran konsumsi masyarakat tiap bulan? Databoks. https://databoks.katadata.co.id/ekonomi-makro/statistik/ad7c7bfdf9f19a0/berapa-rata-rata-pengeluaran-konsumsi-masyarakat-tiap-bulan

Dikria, O., & Mintarti W., S. U. (2016). Pengaruh literasi keuangan dan pengendalian diri terhadap perilaku konsumtif mahasiswa jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 128-139. https://dx.doi.org/10.17977/UM014v09i22016p128

Hasan, A. (2018). Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. Jakarta: PT. Buku Seru.

Islamia, I., & Purnama, M. P. (2022). Kontrol diri dan perilaku konsumtif mahasiswa pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi Malahayati, 4(1). https://doi.org/10.33024/jpm.v4i1.6026

Jafar, M. K., Anggrainy, N. E., Suhardin, I., & Tohai, R. N. (2023). Gaya hidup dan perilaku konsumtif remaja di kota Manado. Maqrizi: Journal of Economics and Islam Economics, 3(2), 96-105. https://doi.org/10.30984/maqrizi.v3i2

Kanserina, D., Haris, I. A., & Nuridja, I. M. (2015). Pengaruh literasi ekonomi dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha tahun 2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 5(1), https://doi.org/10.23887/jjpe.v5i1.5213

Koch, J., Frommeyer, B., & Schewe, G. (2020). Online Shopping Motives during the Covid-19 Pandemic- Lessons from the Crisis. Sustainability, 12(24), 10247. https://doi.org/10.3390/su122410247

Kotler, dan Keller. (2016). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Penertbit Erlangga.

Pulungan, D. R., & Febriaty, H. (2018). Pengaruh gaya hidup dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(3), 103-110. https://doi.org/ 10.5281/zenodo.1410873

Ramadhan, A. G., & Santosa, S. B. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Ulang pada sepatu Nike Running di Semarang melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 6(1), 1–12.

Rois, A., & Bowo, P. A. (2019). Pengaruh penggunaan media sosial literasi keuangan dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif. Economic Education Analysis Journal.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

Tumangger, I. (2023) Pengaruh promosi digital, penggunaan fitur Lazpaylater, dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif pada pengguna aplikasi Lazada di Medan Marelan. Jurnal Mahkota Bisnis (Makbis), 2(1). https://doi.org/10.59929/mm.v2i1.20

Yoshio, A. (2022, April 27). Mayoritas masyarakat Indonesia pernah belanja online. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/aac3359cac9a8b6/mayoritas-masyarakat-indonesia-pernah-belanja-online

Yuangga, K. D., & Susanti, N. (2019). The Influence of embeddedness of socio-economic status and self-control on consumptive behavior of students (at MA Khazanah Kebajikan Ciputat). PINISI: Discretion Review, 3(1). https://doi.org/10.26858/pdr.v3i1.13277

Downloads

Published

26-03-2025