PENGARUH PERILAKU KONSUMTIF BELANJA ONLINE TERHADAP MINAT BELI ULANG PADA SHOPEE PAYLATER

Authors

  • Muhammad Rizal Universitas Pakuan
  • Sri Hartini Universitas Pakuan
  • Hasrul Universitas Pakuan

Abstract

Perkembangan era industri 4.0, di zaman ini masyarakat Indonesia telah hidup berdampingan & tidak dapat dipisahkan dengan perkembangan kemajuan teknologi yang ada. Dan juga pemanfaatan teknologi yang sangat maju memberikan kemudaha. Yang dirasakan bagi masyarakat dimana kini berbelanja tidak perlu bertemu secara langsung pada suatu tempat melainkan kini telah mampu dilakukan secara online. Pada kenyataannya dengan adanya kemudahan yang diberikan, belanja online telah menjadi kebiasaan sebagian orang, dan banyak orang yang percaya bahwa belanja online merupakan sarana untuk mencari apa yang mereka butuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari perilaku konsumtif belanja online terhadap minat beli ulang pada shopee paylater. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif, dengan responden adalah mahasiswa Universitas Pakuan Bogor. Responden dipilih melalui metode purposive sampling dengan total 100 responden berdasarkan pada perhitungan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan metode analisis data analisis deskriptif serta pengujian melalui SPSS. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumtif belanja online terhadap minat beli ulang pada shopee paylater berpengaruh positif signifikan.

References

-

Published

26-03-2025