STUDI FAKTOR TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DALAM KEPUTUSAN PENGGUNAAN APLIKASI TRANSPORTASI ONLINE MAXIM

Authors

  • Mutiara Agustin Universitas Pakuan
  • Sri Hartini Universitas Pakuan
  • Aditya Prima Yudha Universitas Pakuan

Keywords:

Daring, keputusan penggunaan, persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, transportasi, Online, perceived ease of use, perceived of usefulness, transportation, usage decision

Abstract

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh antara Perceived Ease of Use dan Perceived of Usefulness terhadap keputusan konsumen dalam memilih aplikasi transportasi online Maxim. Selain itu untuk mengetahui keputusan masyarakat Kota Bogor dalam pengambilan keputusan penggunaan jasa transportasi online Maxim. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan metode asosiatif. Teknik penelitian yang digunakan bersifat kuantitatif dan kualitatif. Pemilihan responden dilakukan dengan metode purposive sampling dengan total 100 responden berdasarkan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui survei dan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis dekriptif dengan melakukan uji regresi linear berganda. Variabel independen yang diteliti yaitu Perceived Ease of Use dan Perceived of Usefulness, sedangkan Keputusan Penggunaan sebagai variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perceived Ease of Use dan Perceived of Usefulness berpengaruh positif secara bersamaan terhadap Keputusan Penggunaan dalam memilih Maxim sebagai jasa transportasi online.

ABSTRACT
The purpose of this study is to examine the influence between Perceived Ease of Use and Perceived of Usefulness on consumer decisions in choosing Maxim online transportation applications. In addition, to find out the decision of the people of Bogor City in making decisions to use Maxim online transportation services. The type of research used is descriptive research with associative methods. The research techniques used are quantitative and qualitative. The selection of respondents was carried out by the purposive sampling method with a total of 100 respondents based on the Slovin formula. Data collection was carried out through surveys and questionnaires. The data analysis used was descriptive analysis by conducting multiple linear regression tests. The independent variables studied were Perceived Ease of Use and Perceived of Usefulness, while Decision of Use was a dependent variable. The results show that Perceived Ease of Use and Perceived of Usefulness have a positive effect simultaneously on the Decision to Use Maxim as an online transportation service.

References

Alalwan, A. A., Dwivedi, Y. K., Rana, N. P., & Simintiras, A. C. (2016). Jordanian consumers’ adoption of telebanking: Influence of perceived usefulness, trust and self efficacy. International Journal of Bank Marketing, 34(5), 690-709. https://doi.org/10.1108/IJBM-06-2015-0093

Anjungroso, F. (2017, Mei 12). Survey YLKI Ungkap Alasan Orang Pilih Transportasi Online. Tribunnews.com. https://www.tribunnews.com/techno/2017/05/12/survei-ylki-ungkap-alasan-orang-pilih-transportasi-online

Ernawati, N. & Noersanti, L. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan terhadap Minat Penggunaan pada Aplikasi OVO. Jurnal Manajemen STEI, 3(2), 27-27. https://doi.org/10.58344/jii.v1i6.90

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS (Edisi Sembilan). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indarsin, T. & Ali, H. (2017). Attitude toward Using m-Commerce: The Analysis of Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and Perceived Trust: Case Study in Ikens Wholesale Trade, Jakarta-Indonesia. Saudi Journal of Business and Management Studies, 2(11), 995-1007. https://doi.org/10.21276/sjbms.2017.2.11.7

Kotler, P. & Keller, K. (2018). Manajemen Pemasaran (Jilid 2). Erlangga.

Kuheba, M. R., Manoppo, W. S., & Tumbel, T. M. (2020). Pengaruh brand image terhadap keputusan menggunakan aplikasi Go-Jek pada mahasiswa Fispol Unsrat Manado. Productivity, 1(2), 120-127.

Manap, H. Abdul. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran (Edisi Pertama). Mitra Wacana Media.

Muhammad, I. & Rusd, H. A. (2021). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pengguna Bike Pada Maxim Di Kota Semarang. [Skripsi]. Universitas Maritim AMNI Semarang. http://repository.unimar- amni.ac.id/id/eprint/3813.

Peter, J. P. & Olson, J. C. (2018 ). Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran. Penerbit Salemba Empat.

Rinaldi, T. I., Syarief, N., & Pusporini, P. (2020). Analisis Keputusan penggunaan Transportasi online Grabcar. Prosiding BIEMA (Business Management, Economic and Accounting National Seminar) 1, 160-170.

Santika, E. F. (2024, Januari 23). Aplikasi Transportasi Online Terbanyak Diunduh di RI 2023, Gojek Juaranya. Databoks.katadata.co.id. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/4e49e3af7a225fe/aplikasi-transportasi-online-terbanyak-diunduh-di-ri-2023-gojek-juaranya

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV ALFABETA.

Tampubolon, L. D. (2016). Analisis pengaruh rasio keuangan: Likuiditas, aktivitas, dan leverage terhadap penilaian kinerja keuangan studi empiris (Perusahaan manufaktur di Bursa efek Indonesia periode 2010-2012). Jurnal Keuangan dan Perbankan, 12(1), 1-12. https://doi.org/10.35384/jkp.v12i1.11

Wallace, L. G. & Sheetz, S. D. (2014). The Adoption of Software Measures: A Technology Acceptance Model (TAM) Perspective. Information & Management. 51(2), 249-259. https://doi.org/10.1016/j.im.2013.12.003

Downloads

Published

26-03-2025