HUBUNGAN CONTENT MARKETING INSTAGRAM DENGAN LOYALITAS PENGGUNA LAZADA DI KOTA BOGOR
Keywords:
Keterlibatan konsumen, konten, loyalitas, pemasaran, customer engangement, Content, loyality, marketingAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan content marketing dengan loyalitas pengguna Lazada di Kota Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan responden pengguna Lazada yang telah mengikuti akun Instagram @lazada_id. Pemilihan responden dilakukan dengan metode purposive sampling dengan total 100 responden berdasarkan pada perhitungan rumus Lemeshow. Dari hasil perhitungan analisis deskriptif dan analisis rank spearman dapat disimpulkan bahwa variabel content marketing dengan loyalitas pengguna Lazada termasuk dalam kategori sedang dengan nilai r = 0,481, serta berada pada nilai interval (0,40-0,599). Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis menunjukan bahwa hipotesis diterima (tolak Ho, terima Ha) yang dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan content marketing dengan loyalitas pengguna Lazada di Kota Bogor.
ABSTRACT
This study aims to find out and analyze the relationship between content marketing and Lazada user loyalty in Bogor City. This research is a qualitative research, with respondents of Lazada users who have followed @lazada_id Instagram account. The selection of respondents was carried out by the purposive sampling method with a total of 100 respondents based on the calculation of the Lemeshow formula. From the results of the calculation of descriptive analysis and spearman rank analysis, it can be concluded that the content marketing variable with Lazada user loyalty is included in the medium category with a value of r = 0.481, and is at an interval value (0.40-0.599). Based on the results of the hypothesis test analysis, it shows that the hypothesis is accepted (reject Ho, accept Ha) which can be concluded that there is a relationship between content marketing and Lazada user loyalty in Bogor City.
References
Annur, C. M. (2023, Mei 4). Jumlah Pengguna Instagram Indonesia Terbanyak ke-4 Di Dunia. databoks.katadata.co.id. Tersedia di: https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/f38041b68c2f889/jumlah-pengguna-instagram-indonesia-terbanyak-ke-4-di-dunia
Armstrong, G. M. & Kotler, P. (2017). Principles of Marketing. Pearson Higher Education.
Artheswara, L. C. & Sulistiawati, A. (2020). Tingkat Penggunaan E-Commerce pada Remaja di Kota dan Kabupaten Bogor. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat(JSKPM), 4(4), 437-448. https://doi.org/10.29244/jskpm.4.4.437-488
Chandra, C.N., & Sari, W. P. (2021). Pengaruh Content Marketing Terhadap Customer Engagement (Studi Pada Akun Instagram LazadID). Prologia, 5(1), 191-197. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.10116
Harmastuti. H., (2020). Manfaat Internet Untuk Ibu-ibu Masyarakat Dusun Kedulan Tirtomartani Kalasan Sleman Yogyakarta. Jurnal Dharma Bakti, 3(2), 125-133.
Hendrawan, R. A. & Yulianti. (2022). Hubungan Content Marketing Bittersweet By Najla dengan Keputusan Pembelian Followers. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 2(1), 23-28. https://doi.org/10.29313/jrmk.v2i1.814
Karr, D. (2016). How to Map Your Content to Unpredictable Customer Journeys. San Francisco: Meltwater.
Kotler, P. & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing. Global Edition 17th Edition. London: Pearson Education.
Kotler, P. and Keller, K.L. (2016). Marketing Management. 15th Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Khoerunisa, F., & Vikaliana, R. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pengguna Tokopedia Melalui Kepuasan Pelanggan. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 6(1).
Limandono, J. A. (2018). Pengaruh Content Marketing Dan Event Marketing Terhadap Customer Engagement Dengan Sosial Media Marketing Sebagai Variabel Moderasi Di Pakuwon City. Jurnal Strategi Pemasaran, 5(1).
Pandrianto, N. & Sukendro, G.G. (2018). Analisis Strategi Pesan Content Marketing Untuk Mempertahankan Brand Engagement. Jurnal Komunikasi, 10(2), 167-176. https://doi.org/10.24912/jk.v10i2.2619
Pertiwi, D. & Gusfa, H., (2018). Pengaruh Content Marketing Terhadap Pembentukan Brand Awareness Pada Kalbis Institute. MediaKom: Jurnal Ilmiah Komunikasi, 8(2), 45-57. http://dx.doi.org/10.22441/mediakom.v8i2.3915
Pramita, R. (2020). Pengaruh Perceived Ease Of Use, Customer Engagement, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pengguna Grab (Studi Pada Pengguna Aplikasi Grab di Kabupaten Kebumen). Other Thesis. Universitas Putra Bangsa.
Priansa, D. J., (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran: Inovatif, Kreatif, dan Prestatif Dalam Memahami Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia.
Redaksi iprice. (2023). Peta e-commerce Indonesia. iprice.co.id. Tersedia di: https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Utami, G. R., & Saputri, M. E. (2020). Pengaruh sosial media marketing terhadap customer engagement dan loyalitas merek pada akun instagram Tokopedia. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 5(2), 185-198.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 ENDLESS INNOVATION JOURNAL (ENTREPRENEURSHIP, DIGITAL BUSINESS, & INNOVATION JOURNAL)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.