PERAN CUSTOMER SATISFACTION DAN CUSTOMER EXPERIENCE DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI ULANG DI APLIKASI BLIBLI.COM

Authors

  • Vianita Karunia Sujana Universitas Pakuan
  • Sri Hartini Universitas Pakuan
  • Arie Wibowo Irawan Universitas Pakuan

Keywords:

kepuasan pelanggan , minat beli ulang, pemasaran konten, pengalaman pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Customer Satisfaction dan Customer Experience dalam meningkatkan minat beli ulang di aplikasi Blibli.com. Jenis penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif melalui metode explanatory survey. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 87 responden Mahasiswa Aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan Angkatan Tahun 2020 dengan kriteria pengguna aplikasi Blibli.com yang pernah melakukan pembelian sebelumnya. Teknik pengambilan sampel menggunakan Quota Sampling dengan rumus Lemeshow. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, analisis linear berganda, pengujian hipotesis uji t, uji F, dan koefisien determinasi yang diolah dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 26 tahun 2018. Hasil uji menunjukkan terdapat pengaruh positif dari variabel Customer Satisfaction dan Customer Experience terhadap minat beli ulang di aplikasi Blibli.com.

References

Ahdiat, A. (2024, Januari 15). E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Sepanjang 2023: 5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak di Indonesia (Januari-Desember 2023). databoks.katadata.co.id. https://databoks.katadata.co.id/infografik/2024/01/15/5-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-sepanjang-2023

Agustina, A., & Julitriarsa, D. (2021). Pengaruh Pengalaman Konsumen dan Kepuasan Konsumen Terhadap Niat Beli Ulang Pada Produk Skincare di E-Commerce Shopee. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2), 287-300. https://doi.org/10.35917/cb.v2i2.268

Annur, C. M. (2023, September 9). Pengguna Internet di Indonesia tembus 213 juta orang hingga Awal 2023. databoks.katadata.co.id. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/d109a45f4409c34/pengguna-internet-di-indonesia-tembus-213-juta-orang-hingga-awal-2023

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.

Insyra, D. B. & Dwiridotjahjono, J. (2022). Pengaruh Customer Experience, Trust dan Customer Satisfaction Terhadap Repurchase Intention Pada Reservasi Tiket Pesawat di Traveloka. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(2), 73-81. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2964

Junaedi, N. L. (2022, Januari 11). Apa Itu Customer Experience?, Tujuan, 4 Langkah Penilaiannya. Ekrut Media. https://www.ekrut.com/media/customer-experience-adalah

Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi. Alfabeta.

Rachmawati, D. (2024, Januari 23). YLKI Ungkap Pengaduan Konsumen Terbanyak di Sektor E-Commerce. Bisnis.com. https://ekonomi.bisnis.com/read/20240123/12/1734816/ylki-ungkap-pengaduan-konsumen-terbanyak-di-sektor-e-commerce

Usvita, M., Desda M. M., Saununu, S. J., Indrawan, M. F., Herlina, Raymond, Seseli, E. M. I., Lubis, L. N., Masliardi, A., Wulan, E. R., & Eka, A. P., B. (2023). In Yulasmi (Ed.). Manajemen Pemasaran E-Commerce. Yulasmi ED. CV. Gita Lentera.

Wijaya, Z. R. & Sanusi, F. D. (2021). Pengaruh Customer Experience, Location, dan Product Diversity Terhadap Repurchase Intention. CAKRAWALA Repositori IMWI, 4(2), 207-217. https://doi.org/10.52851/cakrawala.v4i2.86

Yanti, S. D., Astuti, S. & Safitri, C. (2023). Pengaruh Pengalaman Belanja Online dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Aplikasi Tiktok Shop. Jurnal EMT KITA: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Teknologi Lembaga Komunitas Informasi Teknologi Aceh, 7(1), 47-61. https://doi.org/10.35870/emt.v7i1.728

Downloads

Published

24-09-2025