PENGARUH PROMOSI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GEPREK BENSU MARGONDA RAYA
Keywords:
Instagram, keputusan pembelian, media sosial, promosi, social media, purchase decision, promotionAbstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis promosi media sosial Instagram terhadap keputusan pembelian Geprek Bensu. Khususnya di daerah Margonda Raya, Depok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pemilihan responden dilakukan dengan metode purposive sampling dengan total 100 responden berdasarkan pada perhitungan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kegiatan promosi melalui media sosial Instagram berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Melalui Instagram, Geprek Bensu dapat mempromosikan produknya dan dapat memberikan informasi yang sesuai dalam pengambilan keputusan pembelian pelangan.
ABSTRACT
The purpose of this study is to analyze Instagram social media promotion on the purchase decision of Geprek Bensu. Especially in the Margonda Raya area, Depok. This research is a quantitative research. The selection of respondents was carried out by the purposive sampling method with a total of 100 respondents based on the calculation of the Slovin formula. Data collection was carried out through the distribution of questionnaires and data analysis methods using descriptive analysis. The results of the study show that promotional activities through Instagram social media have a partial effect on purchase decisions. Through Instagram, Geprek Bensu can promote its products and can provide appropriate information in customer purchase decision-making.
References
Astuti Rita, (2021). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Gallery Umma Laily).
Damayanti, R. (2018). Diksi dan Gaya Bahasa dalam Media Sosial Instagram. Jurnal Widyaloka IKIP Widya Darma, 5(3), 261-278.
Elvira, Nurita. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Instagram terhadap Keputusan Pembelian Kuliner UMKM. [Skripsi]. Universitas Islam Negeri.
Ferdian, I. (2021). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Soka Indonesia terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Kaos Kaki Halal. [Skripsi]. Universitas Telkom.
Kaplan, A. & Haenlin, M. (2010). User of The World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59-68.
Kusuma, A. S. & Afandi, Y. (2022), Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Warkop Brewok 2 Malang (Studi pada Pelanggan Warkop Brewok 2 di Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 8(2), 271-276. https://doi.org/10.33795/jab.v8i2.459
Jufrizen, J., Daulay, R., Sari, M., Nasution, M. I. (2020). Model Empiris Peningkatan Kepuasan dan Niat Beli Konsumen Dalam Pemilihan Online Shop Instagram. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(2), 249–265. http://dx.doi.org/10.22441/mix.2020.v10i2.008
Maulana, I. & Aprianti, K. (2021). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Di Cafe Fix Luna Kota Bima. JEKU (Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan), 21(3). https://doi.org/10.33061/jeku.v21i3.6899
Nasution, A. E. & Lesmana, M. T. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan (Studi Kasus Alfamart di Kota Medan). Prosiding Seminar Nasional Vokasi Indonesia, 1.
Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart Kota Medan. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 194-199. https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3594
Nirmala, B. M. S., Liandana, M., & Pertama, P. P. G. P. (2021). Sosial Media Instagram Untuk Promosi Usaha Perjalanan Wisata di Banjar Puseh Batubulan Kangin Gianyar Bali. Journal of Community Development, 2(1), 49–55. https://doi.org/10.47134/comdev.v2i1.19
Pahlevi, R. (2021, November 17). Jangkauan Iklan Instagram di Indonesia Terbesar Keempat di Dunia. databoks.katadata.co.id. Tersedia di: https://databoks.katadata.co.id/-/statistik/41df0908a645636/jangkauan-iklan-instagram-di-indonesia-terbesar-keempat-di-dunia
Prihatiningsih, W. (2017). Motif Penggunaan Media Sosial Instagram Di Kalangan Remaja. Jurnal Communication, 8(1), 51-65. https://dx.doi.org/10.36080/comm.v8i1.651
Putri, W. S. R., Nurwati, N., & Santoso, M. B. (2016). Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Remaja. Prosiding KS: RISET & PKM, 3(1): 1-154. DOI: 10.24198/jppm.v3i1.13625
Raditya, D., Gunadi, W., Setiono, D. A., Rawung, J. A. (2020). The Effect of Ad Content dan Ad Length on Consumer Response towards Online Video Advertisement. The Winners, 21(2), 119-128. https://doi.org/10.21512/tw.v21i2.6797
Ramadhanty, P. & Malau, R. M. U. (2020). Pengaruh Social Media Marketing Content Instagram @Kedaikopikulo Terhadap Sikap Konsumen. LINIMASA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 1-98. https://doi.org/10.23969/linimasa.v3i2.2526
Sasmita, C. I., & Kurniawan, I. B. (2021). Pengaruh Promosi Sosial Media (Digital Marketing) Terhadap Minat Beli Chatime Wilayah Badung - Bali. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 3. https://doi.org/10.36002/snts.v0i0.1268
Sandala, D., Massie, J. D. D., & Tumbuan, W. J. F.A. (2019). Pengaruh Viral Marketing, Food Quality, dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Produk Mom Milk Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi. 7(3). https://doi.org/10.35794/emba.7.3.2019.23736
Sisilia, A. R. dan Giri, R. R. W. (2020), Analisis Pemasaran Media Sosial Untuk Menentukan Influencer dan Topik Pembicaraan (Studi Kasus: Go-Pay dan OVO). JMM: Jurnal Mitra Manajemen, 4(7), 1036-1047. https://doi.org/10.52160/ejmm.v4i7.422
Tambirang, C. I., Mandey, S. L., Ogi, I. W. J. (2021), Pengaruh pemasaran Online, Food Quality, dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Ayam Geprek Bensu Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(4), 274-283. https://doi.org/10.35794/emba.v9i4.36223
Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran: Prinsip dan Penerapan. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 ENDLESS INNOVATION JOURNAL (ENTREPRENEURSHIP, DIGITAL BUSINESS, & INNOVATION JOURNAL)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.