PENGARUH PROMOSI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GEPREK BENSU MARGONDA RAYA

Authors

  • Fira Audina Universitas Pakuan
  • Sri Hartini Universitas Pakuan
  • Arie Wibowo Irawan Universitas Pakuan

Keywords:

Instagram, keputusan pembelian, media sosial, promosi, social media, purchase decision, promotion

Abstract

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis promosi media sosial Instagram terhadap keputusan pembelian Geprek Bensu. Khususnya di daerah Margonda Raya, Depok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pemilihan responden dilakukan dengan metode purposive sampling dengan total 100 responden berdasarkan pada perhitungan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kegiatan promosi melalui media sosial Instagram berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Melalui Instagram, Geprek Bensu dapat mempromosikan produknya dan dapat memberikan informasi yang sesuai dalam pengambilan keputusan pembelian pelangan.

ABSTRACT
The purpose of this study is to analyze Instagram social media promotion on the purchase decision of Geprek Bensu. Especially in the Margonda Raya area, Depok. This research is a quantitative research. The selection of respondents was carried out by the purposive sampling method with a total of 100 respondents based on the calculation of the Slovin formula. Data collection was carried out through the distribution of questionnaires and data analysis methods using descriptive analysis. The results of the study show that promotional activities through Instagram social media have a partial effect on purchase decisions. Through Instagram, Geprek Bensu can promote its products and can provide appropriate information in customer purchase decision-making.

References

Astuti Rita, (2021). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Gallery Umma Laily).

Damayanti, R. (2018). Diksi dan Gaya Bahasa dalam Media Sosial Instagram. Jurnal Widyaloka IKIP Widya Darma, 5(3), 261-278.

Elvira, Nurita. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Instagram terhadap Keputusan Pembelian Kuliner UMKM. [Skripsi]. Universitas Islam Negeri.

Ferdian, I. (2021). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Soka Indonesia terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Kaos Kaki Halal. [Skripsi]. Universitas Telkom.

Kaplan, A. & Haenlin, M. (2010). User of The World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59-68.

Kusuma, A. S. & Afandi, Y. (2022), Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Warkop Brewok 2 Malang (Studi pada Pelanggan Warkop Brewok 2 di Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 8(2), 271-276. https://doi.org/10.33795/jab.v8i2.459

Jufrizen, J., Daulay, R., Sari, M., Nasution, M. I. (2020). Model Empiris Peningkatan Kepuasan dan Niat Beli Konsumen Dalam Pemilihan Online Shop Instagram. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(2), 249–265. http://dx.doi.org/10.22441/mix.2020.v10i2.008

Maulana, I. & Aprianti, K. (2021). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Di Cafe Fix Luna Kota Bima. JEKU (Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan), 21(3). https://doi.org/10.33061/jeku.v21i3.6899

Nasution, A. E. & Lesmana, M. T. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan (Studi Kasus Alfamart di Kota Medan). Prosiding Seminar Nasional Vokasi Indonesia, 1.

Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart Kota Medan. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 194-199. https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3594

Nirmala, B. M. S., Liandana, M., & Pertama, P. P. G. P. (2021). Sosial Media Instagram Untuk Promosi Usaha Perjalanan Wisata di Banjar Puseh Batubulan Kangin Gianyar Bali. Journal of Community Development, 2(1), 49–55. https://doi.org/10.47134/comdev.v2i1.19

Pahlevi, R. (2021, November 17). Jangkauan Iklan Instagram di Indonesia Terbesar Keempat di Dunia. databoks.katadata.co.id. Tersedia di: https://databoks.katadata.co.id/-/statistik/41df0908a645636/jangkauan-iklan-instagram-di-indonesia-terbesar-keempat-di-dunia

Prihatiningsih, W. (2017). Motif Penggunaan Media Sosial Instagram Di Kalangan Remaja. Jurnal Communication, 8(1), 51-65. https://dx.doi.org/10.36080/comm.v8i1.651

Putri, W. S. R., Nurwati, N., & Santoso, M. B. (2016). Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Remaja. Prosiding KS: RISET & PKM, 3(1): 1-154. DOI: 10.24198/jppm.v3i1.13625

Raditya, D., Gunadi, W., Setiono, D. A., Rawung, J. A. (2020). The Effect of Ad Content dan Ad Length on Consumer Response towards Online Video Advertisement. The Winners, 21(2), 119-128. https://doi.org/10.21512/tw.v21i2.6797

Ramadhanty, P. & Malau, R. M. U. (2020). Pengaruh Social Media Marketing Content Instagram @Kedaikopikulo Terhadap Sikap Konsumen. LINIMASA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 1-98. https://doi.org/10.23969/linimasa.v3i2.2526

Sasmita, C. I., & Kurniawan, I. B. (2021). Pengaruh Promosi Sosial Media (Digital Marketing) Terhadap Minat Beli Chatime Wilayah Badung - Bali. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 3. https://doi.org/10.36002/snts.v0i0.1268

Sandala, D., Massie, J. D. D., & Tumbuan, W. J. F.A. (2019). Pengaruh Viral Marketing, Food Quality, dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Produk Mom Milk Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi. 7(3). https://doi.org/10.35794/emba.7.3.2019.23736

Sisilia, A. R. dan Giri, R. R. W. (2020), Analisis Pemasaran Media Sosial Untuk Menentukan Influencer dan Topik Pembicaraan (Studi Kasus: Go-Pay dan OVO). JMM: Jurnal Mitra Manajemen, 4(7), 1036-1047. https://doi.org/10.52160/ejmm.v4i7.422

Tambirang, C. I., Mandey, S. L., Ogi, I. W. J. (2021), Pengaruh pemasaran Online, Food Quality, dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Ayam Geprek Bensu Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(4), 274-283. https://doi.org/10.35794/emba.v9i4.36223

Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran: Prinsip dan Penerapan. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Downloads

Published

27-09-2024